Info Pondok
Rabu, 17 Apr 2024
20 Juli 2023

Orientasi Pengenalan Santri Baru 2023

Kamis, 20 Juli 2023 Kategori : Berita

Dimulainya tahun ajaran baru menjadi awal untuk para santri baru bisa mengenal lingkungan pesantrennya yang dirasa masih asing. Demi memudahkan para santri baru untuk beradaptasi, Pondok Pesantren Al-Amanah Bahrul Ulum Tambakberas mengadakan masa ta’aruf yang diselenggarakan pada hari Jum’at (07/07/2023).

Acara yang dilaksanakan di aula Pondok Pesantren Al-Amanah itu bertujuan agar para santri baru bisa lebih jauh mengenal tentang pesantren yang kini mereka jadikan tempat untuk tholabul ‘ilmi. Dimulai dari perkenalan profil seputar Pesantren Al-amanah sampai pembacaan peraturan dan tata tertib.

Guna tercapainya momen hangat antar santri, panitia sepakat untuk mengadakan beberapa permainan dan aktivitas yang menyenangkan. Hal ini diperlukan untuk menyegarkan pikiran sekaligus menjadi awal bagi santri baru agar bisa saling berkenalan antar satu sama lain.

Diselenggarakannya acara ini diharapkan dapat membantu para santri baru untuk membekali dirinya dengan wawasan religi dan nilai-nilai kepesantrenan yang cukup memadai. Beberapa bimbingan seperti pelatihan membaca al-qur’an, membaca dan memaknai kitab kuning juga turut dilakukan agar santri baru bisa lebih siap lagi dalam mengemban ilmu di pondok pesantren ini.

Tak hanya itu, pemberian motivasi belajar serta pembelajaran seputar tata krama aktif dilakukan dengan kondusif. Karena bagaimanapun juga, seperti yang telah dipaparkan oleh Ning Bilqis Laily Rodhliyah pada acara orientasi pengenalan santri bahwasanya adab itu lebih tinggi dari pada ilmu. Penanaman karakter ini tentu tidak boleh tertinggal, mengingat para santri merupakan generasi penerus dari para masyayikh Pondok Pesantren Bahrul Ulum yang merupakan ulama’ terkenal karismatik dikarenakan sangat menjunjung tinggi nilai adab dan tata krama.

Acara ini berakhir dengan penuh khidmah dan secarik harapan agar para santri baru Pondok Pesantren Al-Amanah bisa meraup semua ilmu, mengamalkannya dan melanjutkan napak tilas para guru serta masyayikh.

Penulis: Ivani Irtiva’ul Khusna

Editor : Tim Jurnalistik Al Amanah

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar