Info Pondok
Rabu, 17 Apr 2024

Sejarah

PP Al-Amanah adalah salah satu diantara puluhan pondok pesantren dalam naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Lokasinya berjarak 4 km dari pusat kota Kabupaten Jombang. Beralamat lengkap dijalan KH. Abd. Wahab Hasbulloh Gang Pondok Dusun Tambakberas Desa Tambakrejo Kabupaten Jombang. Lebih tepatnya berada di sebelah selatan Madrasah Mu’alimin Mu’alimat Putri atau di belakang PP Al-Fathimiyyah. Pondok yang mempunyai program kitab-kitab klasik (kitab kuning) dan juga Tahfidzil Qur’an ini, didirikan sejak  tahun 1984 oleh Romo KH. M Djamaluddin Ahmad beserta istri beliau Ibu Nyai Hj. Huriyyah Fattah. Tidak ada tendesi apapun dalam pendirian pondok ini. Berdirinya pondok ini merupakan sebuah motivasi besar dan panggilan jiwa bagi seorang pendidik sejati agar dapat selalu menyampaikan ilmunya.

Pada awalnya, kamar ndalem yang berfungsi sebagai bangunan untuk menampung santri terhitung cukup. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, santri yang awalnya cukup ditempatkan di kamar ndalem terus bertambah sehingga memerlukan kamar dengan kapasitas yang lebih besar. Para santri terus berdatangan dari berbagai penjuru daerah. Untuk memaksimalkan pengajaran yang akan dilakukan dibangunlah pondokan untuk para santri di belakang ndalem beliau. Bangunan sebelah timur untuk santri putra, yang merupakan cikal bakal al-Muhibbin. Sedangkan bangunan disebelah barat untuk santri putri dan tak jauh dari ndalem beliau telah berdiri PA Al-Fattah. Panti Asuhan Al Fattah sudah berdiri sebelum  PP Al-Amanah dididirikan.

Sebelum PP Al-Amanah berdiri sendiri, dulu kegiatan PP Al-Amanah masih diikutsertakan bersama pondok induk, yakni PP Al-Fathimiyyah, baik diniyyah, takroruddurus, perlombaan dan sebagainya. Sekitar tahun 2000-an, pembinaan PP Al-Amanah dipercayakan kepada putri beliau yakni, Ibu Nyai HJ. Bashirotul Hidayah, M.Pd.I beserta suami, Abah DR. KH. Abdul Kholiq Hasan, M.H.I.

Dalam pengasuhan beliau (Abah dan Ibu) PP. Al-Amanah mulai mengalami banyak perubahan, baik dari segi fasilitas pendidikan maupun manajemen pendidikan. Sebagai sebuah lembaga pendididkan pesantren pada umumnya, PP Al-Amanah berpedoman pada tafaqquh fiddin, dengan mendalami ilmu-ilmu ulama salafusshaleh, melalui program pengajian wethon, madrasah diniyah dan juga mendalami al-qur’an dalam program madrasatul qur’an serta jam’iyyah tahfidzil qur’an, dengan harapan semoga para santri betul-betul bisa memahami ilmu-ilmu agama melalui kitab-kitab klasik dan juga memahami dan mengamalkan isi al-qur’an.