Info Pondok
Kamis, 30 Mei 2024
8 April 2024

Peringatan Nuzulul Qur’an : Tak Henti Belajar Makna

Senin, 8 April 2024 Kategori : Berita / Kegiatan

Jombang- Pada bulan Ramadhan setiap umat islam pasti menanti-nanti datangnya hari dimana al-quran pertama kali diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Pondok Pesantren Al-Amanah Bahrul Ulum Tambak Beras dan Al-Fattah mengadakan peringatan Nuzulul Qur’an pada 26 Maret 2024 yang bertempat di Gedung Serbaguna Hasbullah Sa’id Gg. III Ds. Tambakrejo, Kec. Jombang, Kab. Jombang.

Acara yang dipandu oleh Agus Muhammad Husain Murtadlo & Agus Ali Muhsin Mustajab selaku MC dilaksanakan setelah shalat tarawih selesai ditunaikan. Tempat acara segera dipenuhi dengan tamu undangan dari wali santri, warga sekitar dan para santri tentunya. Untuk memeriahkan acara peringatan Nuzulul Qur’an kali ini, Majlis Sholawat Roudhotur Rodliyah menampilkan shalawat nasyid yang diikuti oleh 30 orang vocal santri putri PP Al Amanah. Turut hadir, Dr. KH.A. Musta’in Syafi’ie, M.AG, KH. Azam Khoiruman Najib, sekretaris umum yayasan Bahrul Ulum.

Adapun rangkaian acara inti setelah pembacaan surat yasin oleh Ustadz Addin Mustaqim yakni pembacaan lantunan kalam suci ilahi oleh Ustadz Danial Muhammad Ubaidillah. Dilanjutkan pembacaan tahlil & doa khotmil quran dipimpin oleh KH. Abdul Kholiq Hasan. Tak lupa disampaikan oleh beliau amanat untuk bekal para santri saat pulang nanti.

“Malam ini mari ngaji dengan niat muasyaroh tentang Alquran. Orang Alquran itu namung libur sekolahnya, diniyyahnya, tapi Al qur’annya tidak ada libur.” pesan beliau.

Acara dilanjutkan dengan mau’idhoh hasanah oleh Dr. KH.A.Musta’in Syafi’ie, M.AG. Beliau menyampaikan anak-anak yang hafal Alquran jangan sampai tidak mengerti isi dari Alquran itu sendiri.

“Orang hafal Alquran itu bagus tapi akan lebih bagus lagi kalau memahami isi kandungan Alquran. Mungkin menghafalkan Alquran itu ada batasnya. Tapi kalau memahami isi Alquran itu gak akan pernah ada batasnya,” tutur beliau.

Selain itu beliau juga menuturkan bahwa Alquran itu merupakan sebuah kitab suci bukan hanya untuk umat Islam saja tapi juga untuk seluruh umat manusia. Beliau juga bercerita tntang para ilmuwan yang mencari ilmu medis dari Alquran.

Ditutup dengan doa oleh Kiai Musta’in dan Kiai Azam acara berlangsung khidmat.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar