Info Pondok
Rabu, 17 Apr 2024
22 Oktober 2023

Upacara Bendera Hingga Bazar Expo Meriahkan Perayaan Hari Santri Nasional

Minggu, 22 Oktober 2023 Kategori : Berita

Jombang – Pondok Pesantren Al Amanah Putri ikut berpartisipasi dalam merayakan Hari Santri Nasional 2023. Santri begitu antusias dalam mengikui serangkaian acara yang diadakan. Acara yang begitu meriah ini dilaksanakan pada Ahad, (22/10/2023) di halaman Pondok Pesantren Al Amanah Putri.

 

Serangkaian acara yang diadakan dengan begitu meriah meliputi upacara pengibaran bendera dan dilanjut gebyar penampilan para santri. Acara dimulai dengan pengibaran bendera oleh Tim Paskibraka PP Al Amanah, mereka juga turut memeriahkan dengan parade baris berbaris yang begitu memukau. Hadir pada acara tersebut yang terhormat KH. Abdul Kholiq Hasan juga didampingi Ibu Nyai Hj. Bashirotul Hidayah selaku pembina upacara.

 

Sebagai pembina upacara, beliau memberikan nasehat bahwa sebagai santri tentu kita harus bersyukur karena kaum santri adalah penstabilan Indonesia sebagai negara yang damai, tenteram dan sejahtera. Selain itu, beliau juga berpesan kepada segenap santri untuk tidak berhenti berjuang dalam mempertahankan keimanan dan akhlaq budi yang mulia pada Sang Maha Esa dan sesama umat manusia ditengah gempuran rusaknya mental, karakter, dan akhlaq anak bangsa.

 

“Allah telah menganugerahi bangsa ini beragam suku dan ras. Akan tetapi, kita menyaksikan sampai saat ini tidak ada permusuhan dan itu adalah peran dari para ulama’ kita yang menamatkan dirinya sebagai santri. Hari ini kita santri, besok santri, yang akan datang kita santri dan selamanya tetap santri,” tutur beliau.

 

Ibu dari 5 orang putra ini juga sempat memberikan quotes Hari Santri dan harapannya untuk semua santri.
“Di tangan kalianlah kelak bangsa Indonesia dan agama Islam tetap jaya, tetap terwujud sebagai baldatun thoyyibatun wa rabbun ghoffur,” ujar beliau.

 

Setelah acara upacara ditutup dengan do’a oleh Abah Yai, acara dilanjutkan dengan pembukaan acara HSN yang ditandai dengan prosesi potong tumpeng dan pemukulan gong. Dilanjutkan dengan persembahan oleh para santri putri mulai dari persembahan paper mop, lalaran santri, drama religi, tari nusantara dan pembacaan puisi.

 

Ditempat terpisah dengan acara pengibaran bendera dan persembahan oleh para santri, turut digelar pameran seni dan bazar expo yang menyuguhkan berbagai ragam makanan, minuman dan souvenir yang dapat dinikmati oleh para santri.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar