Info Pondok
Rabu, 17 Apr 2024

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler adalah pendidikan dan keterampilan yang diberikan kepada para santri di luar jam belajar di kelas. Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan setiap minat dan bakat santri agar tidak hanya ahli dalam bidang akademik tapi juga non-akademik.

Bidang seni Music (Banjari & Hadroh)

Dalam bidang ekstrakurikuler ini ada kelompok banjari dan hadroh. Ekstrakurikuler ini bertujuan untuk menunjang kreativitas santri dalam mengembangkan bakat dalam hal seni sholawat sehingga dapat menciptakan generasi yang mencintai Nabinya. Kelompok ini terbagi menjadi 2 klub yaitu klub Roudlotur Rodliyah (untuk anak aliyah keatas) dan klub Roudlotuz Zahroh (untuk anak-anak kecil).

Bidang Public Speaking (Pidato & MC)

Ekstrakurikuler ini bertujuan untuk melatih kemampuan public speaking santri. Kelompok ini berisi pelatihan berpidato dan pembawa acara. Hal ini diadakan karena melihat betapa dibutuhkannya orang-orang dengan kepandaian dan kepiawaan berbicara dalam mengajak dan memberikan pengaruh baik terhadap masyarakat.

Bidang tarik suara (qiroah & Shalawat)

Dalam bidang tarik suara diadakan kegiatan ekstrakurikuler Jamiyyah Quro’ wa Shalawat. Kelompok ini diperuntukkan bagi santri yang tertarik dalam melatih dan meningkatkan seni baca Al-quran dan sholawat. Dapat dikatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan untuk mengajak santri memperkaya teknik membaca al qur’an dengan begitu indah dan syadu serta menyentuh hati. Para santri diharapkan mampu membiasakan membaca al qur’an dengan qori’ah dan senantiasa mencintai al qur’an, mempelajari artinya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bidang Seni Keputrian (memasak, merajut, dll)

Ekstrakurikuler ini merupakan wadah bagi santri yang berminat dalam berbagai kegiatan yang biasa dilakukan oleh kalangan perempuan, seperti memasak, merajut dll.