Info Pondok
Selasa, 16 Jul 2024
26 Juni 2024

Ibadah Mulia Di Bulan Mulia

Rabu, 26 Juni 2024 Kategori : Berita / Opini

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu dari banyaknya bulan mulia dalam Islam. Mengapa bulan ini dikatakan mulia ? Sebab, pada bulan ini terdapat peristiwa-peristiwa istimewa dan ibadah istimewa yang tidak dapat dilakukan pada bulan lain, seperti wuquf di padang Arafah ketika ibadah haji, qurban, puasa tarwiyah arafah dan lain sebagainya.

 

Karena termasuk bulan mulia, bulan ini juga memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya adalah kestimewaan tanggal 10 awal bulan Dzulhijjah. Pahala- pahala dari amal baik yang dilakukan pada hari-hari tersebut sangatlah besar. Seperti puasa hari di 10 awal bulan Dzulhijjah, pahalanya sama dengan puasa punnah 1 tahun penuh. Begitu juga dengan qiyamul lail (shalat malam) yang dilakukan pada 10 awal bulan Dzulhijjah, pahalanya seperti melakukan qiyamul lail pada malam Lailatul Qadar. Dan masih banyak contoh lainnya.

 

Haji dan qurban memang ibadah yang memerlukan biaya dan tak semua orang bisa memenuhinya. Lantas, ibadah apa yang dapat kita lakukan? Masih banyak ibadah lain yang dapat dilakukan yakni memperbanyak dzikir, puasa, shalat, shadaqah dan lain-lain.

 

Lalu bagaimana ibadah bagi perempuan yang udzur ? kalian tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Perempuan yang sedang udzur dapat memperbanyak shadaqah, membaca shalawat dan dzikir. Bahkan membaca shalawat Syadziliyah (walau hanya sampai lafadz تسليما) sebanyak 80 kali setara dengan baca shalawat 80 tahun lamanya!

 

Maka dari itu kita sebagai umat muslim seharusnya bersyukur apabila masih dapat berjumpa dengan bulan Dzulhijjah karena salah satu ciri-ciri orang yang dicintai Allah itu akan dipertemukan dengan hari-hari mulia. Lalu oleh Allah akan dibuka hatinya untuk menghidupkan hari-hari itu dengan melakukan amal-amal baik serta berusaha untuk menjauhi kemaksiatan.

 

Red : Farah Zakia

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar