Info Pondok
Selasa, 14 Jun 5222
26 Mei 2024

Pondok Pesantren Al- Amanah Bekali Santri Ilmu Qiroah Sab’ah

Minggu, 26 Mei 2024 Kategori : Berita / Kegiatan

(Jombang), Tiada kata cukup dalam mempelajari Al-Qur’an. Pondok Pesantren Al-Amanah Bahrul Ulum Tambakberas baru saja menyelenggarakan Pembukaan Program Qiro’ah Sab’ah. Program ini diadakan dalam rangka mengembangkan wawasan keilmuan tentang ulumul qur’an santri pasca tahfidz. Acara ini dihadiri oleh KH Ahmad Syamsul Anam Al Hafidz dari Tebuireng, Jombang. Sanad Qiroah Sab’ah tokoh agama yang kerap di sapa dengan panggilan Ustadz Syamsul ini didapat dari Kiai Marzuqi dan bersambung pada Kiai Arwani Kudus.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Ahad (26/5/2024) di Aula Ndalem PP Al-Amanah Putri yang diikuti oleh 32 peserta santri khatam program tahfidzul quran. Turut hadir kepala madrasah ilmu alquran, Bapak Addin Mustaqim beserta Bapak M.B. Fikrul Fahmy Aly.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Ibu Nyai Hj Bashirotul Hidayah dan sambutan dari KH Abdul Kholiq Hasan, selaku pengasuh PP Al-Amanah Bahrul Ulum.

“Saya bersyukur kita di beri kesempatan oleh Allah untuk belajar ini. Saya berharap kalian sebagai pembuka dan menjadi tombak qiro’ah sab’ah yang ada di pondok,” pesan pengasuh PP Al-Amanah, KH Abdul Kholiq Hasan dalam sambutannya.

Beliau juga berpesan untuk terus belajar dan mendoakan guru serta orang tua.

“Kita tidak boleh berhenti belajar. Mari kita putihkan dan senyumkan wajah kedua orang tua serta guru-guru kita dengan terus belajar ilmu. Niatkan belajar kita untuk kedua orang tua kita,” imbuh beliau yang juga Rektor Institut Agama Islam Bani Fattah ini.

Dalam acara ini, KH Syamsul Anam Al-Hafidz selaku pemateri memberikan wawasan tentang Ilmu Qiroat sekaligus memotivasi para santri untuk terus semangat belajar ilmu tentang Al-Qur’an.

“Semakin kita menggali mempelajari Al-Qur’an maka akan semakin banyak mutiara-mutiara yang dapat ditemukan didalamnya,” jelas beliau.

KH Syamsul Anam juga menegaskan bahwa mempelajari Al-Qur’an tidak ada batasnya.

“Menghafal Al-Qur’an itu butuh waktu yang tidaklah sebentar, dari situ harus mempunyai nilai lebih dengan mempelajari Qiro’ah Sab’ah,” ungkap pemateri pada acara ini. Selain itu beliau juga menceritakan pengalamannya selama menghafalkan Al-Qur’an.

Beliau menuturkan hikmah dari mempelajari qiroah sab’ah salah satunya yakni kita akan menjadi lebih teliti terhadap bacaan Al-Qur’an yang sudah dihafal.

 

 

Editor : Tim Jurnalistik Al-Amanah

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar