Info Pondok
Selasa, 16 Jul 2024
13 Januari 2024

Pondok Al Amanah Mantapkan Pembinaan Baca Al Quran Dengan Thariqoh Yanbu’a

Sabtu, 13 Januari 2024 Kategori : Berita / Kegiatan

Jombang – sebagai upaya peningkatan kualitas guru pondok pesantren Al Amanah maka diadakan pendidikan dan pelatihan thoriqoh yanbu’a. Kamis (11/01/24)

 

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajarkan metode membaca al qur’an yang fasih dan memperdalam ilmu tajwid yang akan diajarkan kepada para murid dengan cara musyafahah kepada guru.

Pelatihan yang dilakukan oleh Lajnah Muroqobah Yanbu’a (LMY) Kabupaten Jombang ini diikuti oleh 105 orang peserta. Para peserta terdiri dari ustadz dan ustadzah madrasatul quran, jam’iyyah tahfidzul quran dan taman pendidikan Al qur’an (TPQ) pondok pesantren Al amanah. Juga turut hadir Ibunyai Hj. Bashirotul Hidayah M.Pd.I, Ning Bilqis Layly Rodliyah dan Agus Husain Murtadlo.

 

Acara dilakukan selama 2 hari. Acara dimulai dari pukul 16.30 – 22.30 dipotong istirahat sholat pada hari pertama. Dilanjutkan pada pukul 08.00 – 18.00 dengan 2 kali istirahat.

 

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh pembina LMY cabang Jombang, KH. Muhammad Yahya Husnan, S.Pd.I. Beliau menyampaikan sejarah dan beberapa pesan tentang dirintisnya metode yanbu’a sebagai salah satu metode membaca Al qur’an yang didirikan oleh KH. M. Ulil Albab Arwani Kudus.

Selain itu beliau juga menghimbau kepada segenap ustadz dan ustadzah untuk selalu menjaga akhlaqnya sebagai guru dalam kehidupan sehari-hari khususnya guru al qur’an.

 

“Kita harus bisa menempatkan diri dan menjadi contoh yang baik. Jangan lupa untuk terus muroqobah (merasa diawasi oleh Allah) dan berdoa untuk murid kita”, tutur beliau.

 

Kegiatan yang diadakan di Aula Pondok Putri Al Amanah ini diharapkan dapat menjadi jalan dan diterapkan secara istiqomah oleh para ustadz dan ustadzah ketika mengajarkan bacaan Al quran yang benar kepada para murid-muridnya.

“Semoga diparingi istiqomah, ilmunya manfaat barakah. Maksude manfaat niku lek pun angsal ilmu diamalaken di terapaken”, ujar ibu pengasuh yang kerap dipanggil dengan sebutan Ibu Ida.

 

Sebagai penutup, doa dilantunkan oleh KH. M. Yahya Husnan diiringi “amin” khusuk dari para hadirin.

 

Penulis : Izzatur Rahmah

Editor : Tim Jurnalistik Al Amanah

 

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar