Info Pondok
Selasa, 16 Jul 2024
28 September 2023

Peringatan Maulid Nabi SAW PP Al Amanah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Kamis, 28 September 2023 Kategori : Berita

Jombang – Pondok pesantren Al Amanah bahrul Ulum kembali menyelenggarakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Seperti yahun sebelumnya, acara ini dilakukan di Masjid Al Bashiroh dan halaman Pondok Pesantren Al Amanah 2 Mojokrapak Jombang. Acara ini dilaksanakan berteapatan dengan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW yakni 12 Rabiul Awal. (28/09/2023)

 

Hadir pada kesempatan tersebut Al Habib Sholeh bin Muhammad Al Jufri Solo, Al Habib Alwi bin Segaf Assegaf, Al Habib Mujaddid bin Salim Assegaf, Al Habib Ahmad bin Idrus Al Habsyi beserta keempat putra beliau yakni Habib Abdullah, Habib Ali Ridlo, Habib Hasan, dan Habib Qodir.

 

Turut hadir para kyai dan ibunyai, tokoh masyarakat, para jama’ah pengajian, wali santri dan masyarakat umum sebanyak kurang lebih 5.000 undangan, beserta para santri.

 

Berbarengan dengan peringatan Maulidurrasul, acara tersebut juga sebagai moment sambangan para santri. Tujuan diselenggarakannya acara tersebut yakni untuk meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

 

“Kita hadir di majelis ini karena satu kata, satu niat, rasa cinta kita kepada Rasulullah.  Dan malam ini kita berkesempatan mendapat ilmu dari orang-orang mulia, dzurriyah kanjeng Nabi. Mari sama-sama niat shalawatan, niat ngaji tentang Nabi Muhammad. Semoga cinta yang telah ada dihati kita Allah tumbuhkan menjadi lebih besar, lebih kuat.  ” tutur pengasuh PP Al Amanah, KH. Abdul Kholiq Hasan.

 

Dalam rangkaian acara, setelah pembacaan tawassul & nama-nama arwah yang dipimpin oleh ustazd addin mustaqim, acara dilanjutkan dengan pembacaan khotmil qur’an. Sedari pagi, para santri telah melaksanakan khotmil quran sebanyak 120 khataman. Pembacaan khotmil qur’an kali ini dipimpin oleh Ustadz H. Nur Hasan Fadlil M. Hi, juara 1 MHQ tingkat Asia pada tahun 2017. Beliau membacakan 3 riwayat imam quro’ yakni Imam Hamzah, Imam Warash dan Imam Ashim.

 

Sementara itu pembacaan tahlil dipimpin oleh Ustadz H. M. Shohi dilanjutkan doa khotmil qur’an oleh KH. Asharun Nur, Rois Suriah Kec. Jombang.

 

Tiba pada acara inti, pembacaan maulid simtudduror dipimpin langsung oleh Al Habib Ahmad bin Idrus Al Habsyi beserta putra-putra beliau. Para undangan larut dalam suasana khusyuk. Beberapa undangan terlihat meneteskan air mata.

 

Sebelum doa Maulid dilantunkan, acara diisi dengan sambutan-sambutan. Al Habib Mujaddid bin Salim As Segaf, Wakil Ketua Robithoh Alawiyah Regional Kab. Jombang – Mojokerto menyampaikan bahwa peringatan ini mari dijadikan moment untuk membahagiakan Rasulullah SAW. “Harus disemarakkan shalawat ketika disebut nama Nabi. Keadaan seperti ini (bershalawat memuji Nabi) jadikan sebagai modal kita membahagiakan Nabi, bekal untuk mendapat syafa’at Beliau,” tutur beliau.

 

Memasuki acara terakhir yakni Mauidhoh Hasanah disampaikan oleh Al Habib Sholeh bin Muhammad Al Jufri Solo. Ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Achmad Hasan.

 

oleh : Izzatur Rahmah

Editor : Tim Jurnalistik PP Al Amanah

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar